Home » » Hantu Banyu di Sungai Musi, Bikin Wisatawan Penasaran

Hantu Banyu di Sungai Musi, Bikin Wisatawan Penasaran

Written By Unknown on Wednesday, May 9, 2012 | Wednesday, May 09, 2012

Aneka cerita hantu berseliweran jika kita bercengkerama dengan warga di tepian Sungai Musi, Palembang. Seram, tapi bikin penasaran wisatawan. Hiii!

Sebenarnya Sungai Musi merupakan wilayah yang paling nyaman buat dijadikan pemukiman terapung, sampai tempat berwisata di akhir pekan. Tapi warga agak segan kalau sudah mendengar cerita misteri Antu Banyu, Buaya Putih, Si Amang Aik, Iwak Tapa, dan Ular Raksasa. Sedangkan wisatawan, malah penasaran!

Itulah pengalaman Udin Marogan (41). Warga setempat ini sering diminta jadi pemandu para pelancong yang ingin uji nyali berburu hantu.

"Dulu ada beberapa orang kaya yang membuat rumah rakit buat peristirahatan, tapi lantaran mengetahui adanya makhluk Antu Banyu dan lainnya, membuat mereka ketakutan dan rumah-rumah rakit itu ditinggalkan atau dijual," kata Udin, kepada detikTravel, Selasa (8/5/2012).

Dijelaskan Udin, seharusnya mereka tidak perlu takut. "Jika mereka tidak melakukan hal-hal yang tidak benar, seperti berzina, atau perbuatan yang dilarang agama, mereka tidak akan diganggu," kata Udin.

Meskipun tidak memiliki sebuah perusahaan travel, Udin seringkali dipakai jasanya oleh para wisatawan yang senang dengan cerita misteri atau horor yang ingin mencari pengalaman magis di Sungai Musi. Para wisatawan ini sebagian dari Jakarta, Jawa, dan ada juga dari Malaysia.

Udin mengaku sebelum memutuskan menjadi pemandu, dia beberapa tahun belajar ilmu kebatinan. Dia hanya ingin tahu berapa besar kekuasaan Tuhan, termasuk mengenal makhluk-makhluk ciptaan-Nya.

"Mereka (wisatawan-red) ingin membuktikan mengenai cerita keberadaan Antu Banyu. Tetapi selama saya mendampingi mereka sering bertemu dengan Si Amang Aik (Monyet Air-red)," ujar Udin.

Saat mendampingi para wisatawan itu, Udin dibantu oleh dua orang. Satu orang memiliki ilmu kebatinan, dan satunya seorang pulun, yakni orang yang mampu berkomunikasi dengan makhluk hidup di Sungai Musi. Udin percaya, aneka mahluk gaib ini sudah ada sejak masa Kerajaan Palembang dan menjadi murid para ulama besar antara lain Antu Banyu, Buaya Putih, maupun Si Amang Aik.

"Di Muara Ogan ini, setiap tahun buaya-buaya putih yang disebut sebagai buyut sering muncul di permukaan. Tapi mereka tidak mengganggu. Tapi kemunculan mereka memberikan satu tanda. Artinya ada hal yang kurang baik terjadi di Palembang," ujarnya.

Masih menurut Udin, orang tidak bisa sembarangan menyelam di Sungai Musi kalau tidak mau celaka. Meskipun begitu, orang-orang bisa menetap di tepian Sungai Musi, seperti di rumah panggung dan rumah-rumah rakit milik penduduk lokal. Hanya mereka selalu berpindah, dan konon perpindahan mereka menghindari keberadaan makhluk Antu Banyu dan lainnya.

"Jika di tempat tinggal mereka ada tanda-tanda kehadiran Antu Banyu, mereka pun memindahkan rumah rakitnya," kata Udin.

Gara-gara cerita hantu ini, berdasarkan pengakuan Udin, setiap tahun pasti ada wisatawan yang minta tolong jasanya buat memburu keberadaan Antu Banyu. Mereka biasanya wisatawan penggemar situs bersejarah atau situs religi.

Di Palembang sendiri banyak terdapat candi tua, makam tua, masjid tua, maupun hal-hal yang terkait dengan kepercayaan. Maka, cerita misteri Antu Banyu merupakan bagian dari kisah-kisah yang menghiasi pikiran para wisatawan tersebut. Jika mereka penasaran, mereka pun mencari pemandu seperti Udin.

Taufik Wijaya - detikNews
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Please comment and your comments are very useful for the development of this blog. Do not forget to comment ethics, and do not waste time trying to spam. Thank You!