Home » » Kepulauan Seribu, Tempat yang Pas untuk Wisata Edukasi

Kepulauan Seribu, Tempat yang Pas untuk Wisata Edukasi

Written By Dino Hadi Prawira on Wednesday, May 9, 2012 | Wednesday, May 09, 2012

Pulau Pramuka dan Pulau Panggang di Kepulauan Seribu cocok untuk dijadikan lokasi berlibur akhir pekan bersama keluarga. Terumbu karang dan hewan laut lainnya masih terjaga dengan baik, cocok untuk dijadikan wisata edukasi.

Keprihatinan akan rusaknya terumbu karang di perairan Indonesia memang sudah dirasakan banyak orang, terutama diperairan Jakarta. Padahal, wisata laut adalah salah satu objek wisata andalan.

Tapi Anda tidak perlu berkecil hati, masih ada perairan di Jakarta yang memiliki laut bersih lengkap dengan terumbu karangnya yang cantik. Datang saja ke Pulau Pramuka atau Pulau Panggang di Kepulauan Seribu, Anda pun bisa melihat indahnya terumbu karang dan ikan aneka warna.

Lebih asyiknya lagi, perairan di Pulau Pramuka dan Panggang cukup aman dengan ombak yang tenang. Keanekaragaman hayatinya juga lengkap, cocok untuk Anda yang para penyelam pemula dan ingin berwisata edukasi.

"Kepulauan Seribu di Jakarta juga masih memiliki terumbu karang yang bagus, cocok untuk para pemula dan wisata edukasi," kata Ketua Program Pasca Sarjana Ilmu Kelautan IPB, Dr Ir Nevianty P Zamani, di Cafe Serongge, Jl Utan Kayu 68H, Jakarta Timur, Selasa (8/5/2012).

Menurut Nevi, terumbu karang di Kepulauan Seribu masih terawat. Sekitar 60% terumbu karangnya masih hidup dan tumbuh dengan sehat.

"Terumbu karang Kepulauan Seribu masih bagus, ya kalau dicari masih ada lah 60%," tambah Nevi.

Selain itu, jika menyelam di laut Pulau Pramuka dan Panggang, Anda bisa menemukan banyak budi daya terumbu karang. Jadi, cocok untuk Anda yang ingin memelajari bagaimana cara membudidaya dan merawat terumbu karang.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Please comment and your comments are very useful for the development of this blog. Do not forget to comment ethics, and do not waste time trying to spam. Thank You!