Home » » Indonesia Timur Masih Juaranya Keindahan Alam Bawah Laut

Indonesia Timur Masih Juaranya Keindahan Alam Bawah Laut

Written By Dino Hadi Prawira on Wednesday, May 9, 2012 | Wednesday, May 09, 2012

Tidak dapat dipungkiri, keindahan alam bawah laut Indonesia mulai rusak dengan banyaknya terumbu karang yang mati. Meski demikian, wilayah di timur Indonesia masih memiliki terumbu karang alami nan cantik.

Salah satu daya tarik wisatawan mancanegara datang ke Indonesia adalah keindahan alam bawah lautnya. Sayangnya, tidak semua perairan di Indonesia masih terawat. Bahkan, terumbu karang di beberapa perairan seperti Teluk Jakarta, sudah mati karena pencemaran. Berita ini tentu kabar buruk untuk pecinta laut, terutama para penyelam. Tapi syukurlah, masih ada perairan di Indonesia yang terawat dengan baik.

"Terumbu karang di Indonesia masih banyak yang terawat dan bagus untuk dilihat ketika diving, kalau mau lihat bawah laut yang eksotis, bisa datang ke Indonesia bagian Timur, seperti Papua" kata Ketua Program Pasca Sarjana Ilmu Kelautan IPB, Dr Ir Nevianty P Zamani, di Cafe Serongge, Jl Utan Kayu 68H, Jakarta Timur, saat jumpa pers Coral Day.

Menurutnya, alam Indonesia Timur memang masih terjaga dengan baik karena masih jarang penduduk. Jadi, pencemaran tidak begitu banyak terjadi dan Anda pun akan menemukan alam bawah laut yang begitu eksotis.

Salah satu objek wisata yang sedang naik daun di kalangan turis adalah Raja Ampat. Kepulauan di Papua Barat ini memiliki alam bawah laut yang begitu memesona. Cobalah menyelam di sana, Anda pun akan melihat terumbu karang dan ikan aneka warna. Air lautnya juga begitu bening, masih terjaga dari polusi. Saking beningnya, Anda bisa melihat ikan yang sedang bebas berenang, cukup dari atas perahu.

Jika Papua dan Indonesia Timur dirasa terlalu jauh, Anda pun bisa berjalan ke Indonesia bagian Barat. Di sana kehidupan bawah lautnya cukup terjaga dengan baik. Masih cantik untuk dinikmati saat Anda diving.

"Di barat ada Nias dan Mentawai yang masih bagus," lanjut Nevi.

Tidak hanya itu, terumbu karang di Kepulauan Seribu lumayan terawat karena penduduknya berusaha menjaga. Untuk turis atau wisatawan yang menyukai diving tapi masih pemula, cocok menyelam di perairan ini.

"Sebenarnya, Kepulauan Seribu juga bagus, cocok untuk para pemula dan wisata edukasi," jelas Nevi.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Please comment and your comments are very useful for the development of this blog. Do not forget to comment ethics, and do not waste time trying to spam. Thank You!