Home » » Apple Minta 8 Produk Samsung Dilarang

Apple Minta 8 Produk Samsung Dilarang

Written By Dino Hadi Prawira on Tuesday, August 28, 2012 | Tuesday, August 28, 2012

Penjualan Perdana Samsung Galaxy S III di Jakarta
Apple bergerak cepat meminta pelarangan penjualan delapan produk telepon Samsung setelah kemenangan Apple di pengadilan. Delapan model yang diminta dilarang itu termasuk Galaxy S2 dan Droid Charge.

Sebenarnya gugatan Apple atas 28 produk namun kebanyakan dari mereka tidak dipasarkan lagi. Sementara produk Galaxy SIII tidak masuk dalam gugatan namun fitur dan elemen desainnya bisa ikut terkena putusan pengadilan.

"Pembuktian dan beban kasus condong pada keinginan Apple," kata Peter Misek, analis dari Jefferies & Co, seperti dilansir Reuters, Selasa 28 Agustus 2012. Padahal banyak pihak berharap kedudukannya dua pertiga untuk Apple banding sepertiga untuk Samsung.

Pengadilan di Amerika Serikat akhirnya menganggap Samsung melakukan pelanggaran terhadap sejumlah paten yang dimiliki Apple. Atas pelanggaran paten itu, Samsung pun diminta membayar ganti rugi US$1,049 miliar atau sekitar Rp 9 triliun kepada Apple.

Samsung pun menyebut kekalahan ini sebagai kerugian bagi konsumen di AS. "Ini akan menyebabkan lebih sedikitnya pilihan, kurangnya inovasi, dan potensi harga yang lebih mahal," demikian pernyataan Samsung, seperti dikutip dari Reuters.

Samsung pun kemudian menyatakan putusan pengadilan di tangan hakim Lucy Koh itu bukan hasil akhir. "Itu bukan kata terakhir dalam kasus ini atau di sejumlah pertempuran yang telah digelar di berbagai pengadilan di berbagai penjuru dunia, yang sebagian di antaranya menolak klaim Apple," tulis Samsung.

Kekalahan ini menyebabkan Samsung diprediksi akan memiliki hambatan dalam produk mereka di masa depan. Atas putusan ini, Samsung juga diminta mendesain ulang smartphone dan tablet yang sudah disiapkan.

Sementara bagi Apple, kemenangan pada hari Jumat lalu itu memperkuat posisi mereka di depan saat memasarkan iPhone 5 yang diharapkan diluncurkan pada 12 September. Produk baru ini diharapkan akan memperkuat dominasi mereka produk yang menggunakan sistem operasi Android yang dibuat Google. (sj)

© VIVA.co.id
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Please comment and your comments are very useful for the development of this blog. Do not forget to comment ethics, and do not waste time trying to spam. Thank You!