Home » » Cara Pintar Baca Kadaluarsa pada Makanan

Cara Pintar Baca Kadaluarsa pada Makanan

Written By Dino Hadi Prawira on Thursday, March 8, 2012 | Thursday, March 08, 2012

Bagi ibu rumah tangga mengisi lemari makan dan kulkas adalah pekerjaan wajib buat mereka, apalagi saat awal bulan. Mungkin ini menjadi hal yang praktis, tetapi jika tidak berhati-hati akan berakibat fatal.

Setiap makanan memiliki umur simpan yang berbeda, apalagi jika kemasan tersebut telah terbuka. Memasukkannya dalam kulkas, tidak menandakan umur masa simpan makanan juga akan bertambah. Lemari pendingin berfungsi hanya untuk menjaga kualitas dan terhindar dari bakteri atau kotoran.

1. Es krim
Masa simpan es krim kemasan yang baik adalah 2-4 minggu, tetapi jika kemasan telah dibuka es krim hanya bertahan hingga 1-2 bulan. Hal yang perlu diperhatikan, jika es krim Anda telah mencair pada saat penyimpanan sebaiknya dibuang. Kondisi cair es krim sangat mudah terkontaminasi bakteri.

2. Sayuran beku
Selama penyimpanannya baik, sayuran ini dapat bertahan selama 10-12 bulan. Sayuran beku harus disimpan dalam kantung kedap udara dan menyimpannya dalam freezer. Dan hanya dikeluarkan pada saat akan digunakan.

3. Udang rebus
Udang yang telah dimasak setengah matang dan disimpan dalam freezer, dapat bertahan selama 10-12 bulan. Udang yang telah dimasak akan lebih tahan lama disimpan dibandingkan dengan udang mentah.

4. Saus tomat

Meski disimpan dalam kemasan bertutup, saus tomat juga memiliki umur simpan. Dalam kemasan yang belum dibuka saus akan bertahan selama 12 bulan. Untuk kemasan telah dibuka saus akan bertahan 6 bulan selama di kulkas, tetapi jika Anda menyimpannya dalam suhu ruang, saus hanya bertahan selama 1 bulan.

5.BBQ sauce

Saus panggang siap pakai ini dapat bertahan selama 1 tahun di suhu ruang, dengan kemasan tertutup. Untuk memperpanjang kualitasnya, sebaiknya saus disimpan di kulkas, setelah dipakai.  (eh)

 • VIVAnews
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Please comment and your comments are very useful for the development of this blog. Do not forget to comment ethics, and do not waste time trying to spam. Thank You!