Home » » Deretan Pemain Kandidat Pemenang Sepatu Emas

Deretan Pemain Kandidat Pemenang Sepatu Emas

Written By Dino Hadi Prawira on Monday, June 25, 2012 | Monday, June 25, 2012

Cristiano Ronaldo
Kapten tim nasional Portugal, Cristiano Ronaldo, dan striker Jerman, Mario Gomez, menjadi kandidat kuat peraih "Golden Boot" Piala Eropa 2012. Keduanya berpeluang besar menambah torehan gol masing-masing mengingat negaranya akan berlaga di semi final.

Ketajaman dua pemain tersebut bersama klub memang tidak diragukan. Sepanjang musim 2011-12, Ronaldo tercatat mempersembahkan 40 gol untuk Real Madrid. Sedangkan Gomez membukukan 26 gol untuk Bayern Munich.

Di pentas Piala Eropa kali ini, Ronaldo sudah mencetak tiga gol. CR7 berjasa besar mengantarkan Portugal lolos dari penyisihan Grup B dengan dua golnya ke gawang Belanda di laga terakhir. Satu gol lainnya menjadi penentu kemenangan 1-0 atas Republik Ceko di perempat final.

Sementara itu, Gomez juga sudah mengoleksi tiga gol yang ditorehkan di babak penyisihan Grup B. Striker 26 tahun itu memborong dua gol kemenangan 2-1 Jerman atas Belanda. Ia pun mencetak gol semata wayang saat Der Panzer membungkam Portugal 1-0.

Selain Ronaldo dan Gomez, Alan Dzgoev (Rusia) dan Mario Mandzukic (Kroasia) juga menghiasi daftar pencetak gol terbanyak saat ini dengan tiga gol. Namun, dua nama terakhir dipastikan tidak akan menambah torehannya karena negaranya sudah tersingkir.

Ronaldo dan Gomez punya kesempatan memperbanyak koleksi gol di babak semifinal. Portugal akan menghadapi juara bertahan, Spanyol, Rabu 27 Juni 2012. Sehari berselang, Jerman akan memperebutkan tiket final dengan Italia.

Pesaing terberat Ronaldo dan Gomez sementara ini adalah Xabi Alonso, Fernando Torres dan Cesc Fabregas. Ketiga punggawa Timnas Spanyol itu masing-masing sudah mencetak dua gol.

Jika di akhir turnamen beberapa pemain mencatatkan gol terbanyak, seperti dilansir situs resmi UEFA, jumlah assist dan waktu bermain akan menentukan. Dengan catatan, gol yang dicetak lewat adu penalti tidak dihitung. (irb)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Please comment and your comments are very useful for the development of this blog. Do not forget to comment ethics, and do not waste time trying to spam. Thank You!